HARAJUKU STYLE ;Tugas 3

Apa itu Harajuku dan siapa sih model Harajuku tuh .. ?



Kamu suka segala hal yang berbau Jepang ? atau suka anime Jepang ? yang pastinya kamu atau dilingkungan kamu ada yang suka dengan hal-hal yang berbau Jepang. Kartun Jepang (anime) misalnya, banyak di sekililing kita yang suka dengan kartun Jepang seperti Doraemon, shinchan, naruto, dll. Tapi disini saya tidak membahas mengenai kartun (anime) Jepang. Bahasan saya kali ini mengenai Harajuku.

Tapi sebelum saya membahas secara detail tentang Harajuku, alangkah baiknya kalau kita tahu sejarah Harajuku itu sendiri.

Let’s take a look !

HARAJUKU aalah sebutan populer untuk kawasan di sekitar stasiun JR Harajuku, Distrik Shibuya, Tokyo. Kawasan ini terkenalsebagai tempat anak-anak muda berkumpul. Lokasinya mencakup sekitar Meiji Jingu, Taman Yoyogi, pusat perbelanjaan jalan Takeshita (Tkeshita-dori), departement Laforet, dan Gimnasium Nasional Yoyogi. Sekitar tahun 1980-an, Harajuku merupakan tempat berkembangnya subkultur Takenoko-zoku. Sampai hari ini, kelompok anak muda berpakaian aneh bisa dijumpai di kawasan Harajuku.

Setelah dibukanya departement store pada tahun 1970-an, Harajuku menjadi pusat busana. Kawasan ini mennjadi terkenal diseluruh Jepang setelah diliput majalah fashion seperti Anan dan non-no. Pada waktu itu kelompok gadis-gadis Annonzoku sering dijumpai berjalan-jalan di kawasan Harajuku. Gaya busana mereka meniru busan yang dikenakan model majalah Anan dan non-no. Sekitar tahun 1980-an, jalan Takeshita menjadi ramai karena orang-orang ingin melihat Takenoko-zoku yang berdandan aneh dan menari dijalanan. Setelah ditetapkan sebagai kawasan khusus pejalan kaki, Harajuku menjadi tempat berkumpul favorit anak-anak muda.

Harajuku merujuk ke daerah sekitar Tokyo’s stasiun Harajuku. Ini adalah pusat dari Jepang yang paling ekstrem budaya dan mode gaya remaja, tapi juga menawarkan belanja untuk orang dewasa dan beberapa tempat wisata bersejarah. Titik pusat budaya remaja Harajuku adalah Takeshita dori (Takeshita street), yang dibatsi oleh banyak toko-toko trendi, butik fashion, toko pakaian bekas, kain krep berdiri dan gerai makanan cepat saji diarahkan pada mode dan tren remaja.

Dalam rangka untuk mengalami budaya remaja yang paling ekstrem, kunjungi Harajuku pada hari Minggu, ketika banyak anak muda berkumpul di sekitar Harajuku station dan melakukan cosplay (kostum bermain), berpakaian menyerupai kostum gila anime karakter, punk musisi, dll.

Fashion

Harajuku Style, Street Fashion Tanpa Aturan

Siapa tidak kenal fashion style ala Harajuku ? Sesuai dengan namanya, daerah yang mempopulerkan gaya Harajuku adalah disrik Harajuku di Tokyo Jepang.

Harajuku memang terkenal sebagai tempat “nongkrong” orang-orang yang stylish dan fashionable. Gaya Harajuku sendiri merupakan semacam street fashion atau fashion jalanan yang tidak mengenal peraturan. Tampilan yang bertabraka antara warna, corak, motif, ukuran, sampai jenis pakaian yang dipakai merupakan ciri khas fashion style yang satu ini. Harajuku style sendiri sebenarnya terbagi atas banyak subgaya seperti Lolita, Kogal, Gongaru, Cosplay, Yamanba, dan masih banyak lagi.

Seperti apa sebenarnya gaya-gaya tersebut ?

Lolita misalnya, Gaya ini mengadaptasi gaya boneka cantik dari Jepang dengan kulit putih pucat serta dandanan yang manis seperti boneka perempuan yang dijual di toko. Lolita terbagi menjadi beberapa macam gaya yaitu, Gothic Lolita, Sweet Lolita, Classic Lolita, Punk Lolita, dan Wa Lolita. Semua style Lolita ini adalah untuk wanita.

Yang pria juga tidak mau kalah, dan memiliki style Lolita yang diberi nama Ouji atau Kodona. Gothic Lolita orisinalnya melihat ke masa lalu ketika pergerakan new wave sedang hot-hotnya di Inggris pada era 80-an. Gaya ini mencampur gaya boneka Lolita dengan gaya Gothic yang terkenal “gelap”, dari make-up yang gelap sampai baju serba hitam. Sementara gaya punk Lollita juga mirip dengan gaya Gothic Lolita, hanya perbedaannya pada detailnya seperti gelang dan paku-pakuan, gambar tengkorak sampai rambut mohawk.

Namun, karena style dasarnya ala boneka maka campuran warna gelap denga warna feminin seperti pink atau ungu pun tak terhindarkan.

Nah.. di Indonesia juga kita punya nih, yaitu penyanyi Agnes Monica serta Duo Maia memiliki gay berbusana yang mirip dengan gaya Gothic Lolita ini.

Sweet Lolita adalah gaya yang mengadaptasi dari manga atau komik Jepang yang merupakan fantasi anak-anak terhadap seorang Lolita. Maka jadilah gaya yang terlihat childish seperti ruffle yang tebal, sepatu platform dengan hak tinggi, rambut berkepang, pita besar sebagai aksesori dan lain-lain.

Kalau kita mau lihat siapa artis Indonesia yang bergaya seperti ini, yang paling mirip adalah Pinkan Mambo, sementara artis internasional yang memiliki gaya manis seperti boneka ini adalah aktris veteran Shirley Temple serta penyanyi Gwen Stefani.

Classic Lolita adalah gaya yang diadaptasi dari gaya-gaya populer pada abad pertengahan, seperti gaya anggota kerajaan Marie Anttoinette dari Prancis ataupun gaya Juliet dari karya roman Romeo dan Juliet milik Shakespeare.

Lolita terakhir adalah Wa Lolita. Wa Lolita sendiri memadukan gaya busana tradisional Jepang yaitu Kimono dengan gaya Lolita modern. Sehingga wanita-wanita yang mengenakan gaya ini mirip seperti boneka Jepang yang sedang berjalan lengkap dengan bakiaknya.


Nah.. bagaimana dengan pria bergaya Lolita ?

Ternyata gaya mereka mengadaptasi dari gaya Victorian zaman dulu. Pria-pria ini juga mengenakan make-up. Hanya kadar ketebalannya saja yang berbeda.

Gaya Harajuku lainnya yang cukup populer adalah Cosplay yang merupakan singkatan dari costume play, yaitu berperan sebagai karakter favorit dengan menggunakan kostum karakter tersebut. Karakter yang diikuti biasanya adalaha karakter hero ataupun penjahat seperti yang ada di anime atau film-film kartun Jepang, manga, sampai video games. Sebut saja gaya pakaian kartun Sailormoon, Tuxedo bertopeng, City hunter, sampai tokoh sora dari video games Kingdom Heart. Bahkan anak=anak juga tak mau kalah lho !


Artis Indonesia yang sering meniru gaya Cosplay adalah anggota grup musik J-Rock. Gaya cosplay favorit yang mereka tiru kebanyakan adalah tokoh-tokoh kartun Nickelodeon.

Masih ada gaya Harajuku lain yang tidak kalah funky dan punya penggemar tersendiri. Gaya Kogal misalnya, Kogal yang juga mirip dengan gaya Gongaru sering juga disebut Kogyaru. Sepatu boots bersol datar baik tinggi maupun rendah, rok supermini, make-up supertebal, rambut warna-warni, kaus kaki tinggi yang mencapai atas lutut, sampai aksesori besar adalah peralatan yang dibutuhkan jika kamu ingin bergaya Kogal atau Kogyaru. Yang paling mencolok adalah bagaimana wanita Kogal “mewarnai” diri mereka sendiri hingga memiliki kulit sedikit gelap atau tan seperti orang yang habis berjemur.

Girls at Harajuku Station on a Sunday afternoon

Jadi seperti apa gaya Harajuku yang sebenarnya? Bahkan di daerah asalnya saja (Harajuku district), gaya harajuku selalu mengalami perubahan dan evolusi yang cepat. Kenapa? Karena Harajuku adalah gaya fashion jalanan (street fashion) yang begitu bebas dan natural , sehingga sulit kalau dicari definisinya dengan pasti. Namun mesti tidak ada suatu patokan yang pasti, berikut adalah tips yang dapat membantu anda untuk tampil dengan gaya Harajuku:

1. Lakukan Kombinasi Fashion Yang Berbeda-beda, Baik iIu Matching Ataupun Tidak Matching

2. Kenali Dulu Berbagai Jenis Variasi Gaya Harajuku

3. Cobalah Bereksperimen Dengan Busana Yang Berlapis

4. Desain Sendiri Model Pakaian Anda

5. Gunakan Aksesoris Yang Bersemangat

6. Menggunakan Make Up Dan Gaya Rambut Yang “Liar”

7. Gunakan Apapun Yang Terlihat Bagus Untuk Anda

8. Tersenyum lah dan katakana “chiizu” (cheez dalam bahasa inggris)

Berbicara tentang gaya Harajuku tak akan ada habisnya. Konsep berpakaian dengan gaya tabrak dari salah satu distirik di Jepang ini memang tetap memiliki penggemar tersendiri, tak terkecuali di Bandung. Jika ingin lebih mengenal bagaimana pastinya gaya Harajuku ini, kamu bisa datang ke Gonzo yang ada di jalan Cihampelas 42A atau ke Ohayou yang hanya terhalang satu toko dengan Gonzo. Di kedua tempat ini gaya-gaya Harajuku atau Cosplay bisa ditemukan. Ketika mengunjungi Gonzo misalnya, tampak manekin-manekin yang memakai gaun-gaun wanita Harajuku yang ternyata disebut dengan Lolita.


Kalau di Jepang sana pakaian –pakaian ini dipakai untuk keeharian. Di Bandung, menurut Teh Renny, pengelola Gonzo, para pemakainya hanya masih sebatas event-event tertentu. Ragam aksesoris yang mendukung gaya Harajuku pun disediakan di dua tempat ini dengan seala perniknya. Termasuk musik-musik Jepang yang mungkin akan menambah kuat aura gaya Harajuku kamu. Tapi tak selalu Harajuku, jika kamu menyukai gaya-gaya tradisional, dua tempat ini juga menyadiakan yukata atau kimono lengkap dengan obi, serta aksesoris lainniyia.

Uuuummmmmm .. kira-kira ada yang mau pake gak ya klo jalan-jalan ke Mall ???!!

Harajuku identik dengan full collor, baju-baju yang ribet, rambut dicat warna-warni, mungkin bisa dibilang Harajuku kebalikan dari Emo. Harajuku juga identik dengan ceria, over, optimis, sampai ada yang bilang norak tapi kreatif.




Jepang, Korea, dan Hongkong kini memang jadi kiblat mode Asia. Gaya remaja di sana yang inovatif dan berani sering jadi contekan buat remaja di Indonesia.






Band-band Jepang yang pake gaya Harajuku juga banyak lho contohnya, sperti Laruku (L’Arc en ciel) and The ellow Monkey. Dan yang pasti sudah kita kenal, artis Amerika yang pake gaya Harajuku yaitu Gwen Stefani di albumnya yang bertajuk ‘Love Angel Music Baby’ yang di dalam nya dia bernyanyi tentang gadis-gadis Harajuku dan dukungan penari-penarinya yang bergaya Harajuku asli !! !


Naaah .... .. kita lihat yuk gaya apa aja yang mereka pakai.. Nih, aku kasih lihat gambarnya !






Hehehehe .. ^_^ so, adakah yang mau meniru gaya aneh bin eksentrik mereka ini ?????!!!!

http://id.wikipedia.org/wiki/Harajuku

http://www.indonesiaindonesia.com/f/34353-harajuku/
http://translate.google.co.id/translate?hl=id&sl=en&u=http://en.wikipedia.org/wiki/Harajuku&ei=QfyYS4-hFM--rAeS0PHRCw&sa=X&oi=translate&ct=result&resnum=17&ved=0CEMQ7gEwEA&prev=/search%3Fq%3Dharajuku%26hl%3Did


Berikut adalah sebuah lirik lagu yang sengaja saya ciptakan berkaitan dengan kehidupan remaja Jepang (Harajuku Style)

Bebaskan Ceriamu

Ku sambut hari ini dengan penuh warna, dalam setiap langkah yang bertapak di tanah itu.. ceriaku pun melekat mengiringi setapak demi setapak perjalan ku. Ada mereka yang selalu ikut dalam menyambut hari baru dalam hidupku. Menuju satu tempat dimana semua dapat menghapus perihnya sendiri yang sering memaksa masuk dalam menjalani hari .

Hanya disini, adalah tenang yang membawa bahagia jiwa remaja. Tidak terbatas saat ku mengekspresikan keinginan hati. Takkan pernah peduli akan setiap kata yang sudah pasti terlintas di telingaku.

Hanya disini, merupakan ceria yang tak ada satu orangpun dapat mengatakannya, cukup untuk ku maknai dalam hati. Sanyuman-senyuman itu terbang menghinggapi setiap bayangan yang melintasi diri, takkan bisa dibendung oleh ungkapan hati.

Bebasku dalam mencintai diri tanpa ada mereka yang membatasi. Semarak warna-warni sebagai penghias hati dari segala kepenatan hidup yang ku hiaskan dalam setiap bagian diriku.

Mungkin tak ada diantara mereka yang mengerti tentang alasan berekspresi, arti dari sebuah kebebasan yang sungguh bermakna dan rasa ceria yang kutumpahkan saat ku mengenakannya. Inilah aku dan mereka yang masih terus mencari jati diri akan sebuah pesona yang melekat dalam diri.


Oleh : Syarifah Nurul Aini "ienuienu"

Komentar

  1. wuih.. keren nu!
    lagu ny kyk mn tu? nti nyanyiin ya!

    Aku jd tau lbh byk lg ttg harajuku style.
    tp gk mgkn la dandan kyk gtu.
    extreme!

    BalasHapus
  2. kyaaaa....
    Iam really like Japan so much...
    sogoi neee....

    tapi, jujur, aku nggak akan mengikuti gaya mereka..
    hanya kagum saja..

    BalasHapus
  3. inuu,,,,
    keren yah???


    btw,kok foto org itu semua yang meramaikan blog nya inuu,,???
    foto" kita mana neng???

    BalasHapus
  4. mantap nu...

    harajuku lg in di dunia...

    lagu na jg bgus...
    ntar nyanyikan y nu...

    BalasHapus
  5. haha . jadi ingat prpisahan wktu sma . kamii pakek baju saiLor moon . hoho .

    BalasHapus
  6. say :

    Q jdi pengen ke jepang..

    mempelajari gaya busana disana yang fungky,.. trus Q bwa ke Indonesia dan dikombinasikan harajuku dengan busana muslim...

    bisa ga ya...?????

    hehehehe

    Qisty A.S

    BalasHapus
  7. jd pengen ngambil bunga sakkura ke jepang,,,,

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. ui
    mantap ya isi blognya...
    rajin2 lah buat yg beginian...
    semakin banyak berbuat, semakin banyak yang salah...
    ciakakakakkkakakakaa

    BalasHapus
  10. wuuiiihh.......

    mantabh naa,,

    TOP BGT nu..

    mmm... moga cita2 nu jdi trendsetter harajuku style in our country be success..

    hhaaa..

    btw,
    semi Emo na pa kabar????

    wkwkwkwkwk..

    BalasHapus
  11. HARAJUKUUUU ituu emaaang KEREEEENNN :)

    BalasHapus
  12. hihi..
    krennn bgt gya2xnya..

    mantablah.. ^^

    BalasHapus
  13. woooooooooo.........

    keren kali nu.....

    tp terlalu ekstrim style nya....

    haha

    BalasHapus
  14. Lucu" ya style nya.
    Mnurut aq sih style keq gitu cukup imut dan cute (dlm bbg arti).

    :)

    BalasHapus
  15. iisss ! suka x aku
    mirip aku kan mak' e ? hehehehe
    :D

    BalasHapus
  16. Jadi kepingin foto sama orang yang bergaya inuyasha.
    Kalau dipikir-pikir, lucu juga kalau ngebayangin anak psikologi pakai pakaian harajuku.
    Apa kata fakultas lainnya?

    BalasHapus
  17. Kagomenya lucuWh kalI !!!!!
    wkwkwk


    ngomongin J-style mang g da abisnya..
    btw, L'ar-en~cieL koq g ada
    mreka kan ckup b'pengaruh jg . ..??
    :)

    BalasHapus
  18. Jepang emang mantep bgt dah...
    Sekali kali bikin pesta ala Jepang gt yok gadis Istambul..hehe

    BalasHapus
  19. oooooooo.....
    jadi inu gaya nya ikutin ini yo,ada lagu nya lagi.
    jangan2 inu bisa nyanyikan nya lagi,kapan2 nyanyikan di depan kami2 ya inu......

    BalasHapus
  20. yampun inuuu , ganyangka deeh ahhh ;)

    BalasHapus
  21. wahhh harajuku yah!! serem tapi keren!!!

    LIKE THIS!!

    BalasHapus
  22. hahahhahaha
    like thisss...
    love you..

    BalasHapus
  23. pengen denger langsung lagu nya... =]

    BalasHapus
  24. jiahahahh....

    baju a keren bgd...

    BalasHapus
  25. dila ngerasa gaya harajuku tu aneh....

    BalasHapus
  26. Keren. .
    tp kLo b'jilbab mw gaya harajuku atjem nu?? f(^_^)

    BalasHapus
  27. Ada event Harajuku di Mal Ciputra klik..

    BalasHapus
  28. Ada event Harajuku di Mal Ciputra klik.

    BalasHapus
  29. whoo~~~
    teruskan update ttg info2 j-fashion yah,, ,

    sankyuu banget referensi style-nya!

    kapan2 bahas dolly kei ato yg semacamnya yah ^^

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Shirakawa-go, Desa Warisan Budaya Jepang yang Wajib Kamu Kunjungi

U.A.S